Breaking News
Loading...
Senin, 14 Maret 2016

Panorama Kawah Ijen

09.35


Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia. Kawah Ijen merupakan objek wisata terkenal, yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alamnya. Kawasan Wisata Kawah Ijen ini terletak di tengah area cagar alam. Kawah Ijen yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bondowoso,ya Bondowoso kota kelahiranku yang mempunyai banyak wisata alam, kawah ijen terletak di kecamatan Klabang. “Kawah ini berupa danau berwarna hijau tosca yang berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah itu berdinding kaldera setinggi 300-500m. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol, memiliki kedalaman 200 meter Keasamannya cukup kuat untuk melarutkan pakaian dan jari manusia, wow bahaya bukan sobat, jadi saran saya hati-hati ya jika ingin mengambil gambar.
Di sana kita dapat melihat air  kawah yang cukup tenang dan berwarna hijau kebiru-biruan. Pemandangan di sana terlihat begitu menakjubkan di pagi hari. Air kawah yang volumenya sekitar 200 juta meter kubik dengan panas mencapai 200 derajat celcius itu memancarkan kemilau hijau keemasan saat sinar mentari menerpa dari balik Gunung Merapi.
inilah sosok indahnya pesona kawah ijen



Jika kawan-kawan ingin mengunjungi wisata kawah ijen disarankan dimulai pada pagi hari. Demi alasan keamanan, pendakian ke kawah ijen dari Paltuding ditutup selepas pukul 14:00, karena pekatnya asap dan kemungkinan arah angin yang mengarah ke jalur pendakian,dan Perjalanan dapat dimulai dari Paltuding yang merupakan sebuah pos Perhutani di kaki gunung Merapi-Ijen. Dari sini terdapat jalan tanah menanjak ke ketinggian 2.400m dengan waktu tempuh 2 jam dengan berjalan santai. Tiba di bibir kawah, pemandangan menakjubkan akan segera tersaji di depan mata, seperti gambar di atas sobat. Sebuah danau hijau dengan diameter sekitar 1 km yang berselimutkan kabut dan asap belerang berada jauh dibawah. Dari sini pengunjung bisa melihat penambang-penambang belerang yang berada di dekat danau.
                                  Nah ini potret saudara-saudara kita yang sedang bekerja



      

 Penambangan belerang di sini masih memakai cara tradisional dimana pengangkutannya memakai cara dipikul tenaga manusia.. Beban yang diangkut masing-masing penambang bisa mencapai berat 80 – 100kg, terbayang kan bagaimana lelahnya saudara-saudara kita disana.
Untuk menuju ke danau, tetapi disini pengunjung memperoleh tantangan  harus menuruni bebatuan tebing kaldera melalui jalan setapak yang juga biasanya dilalui oleh para penambang yah my trip my adventure , nah jangan lupa ya sapu tangan basah disini sangat diperlukan, karena seringkali arah angin bertiup membawa asap menuju ke jalur penurunan.
Sedikit info guys bagi kalian yang ingin mengunjungi kawah ijen:
Untuk mencapai kawah Ijen dari Surabaya, kita bisa menggunakan transportasi umum dengan rute sebagai berikut:
  • Surabaya – Bondowoso           :           180 km dengan bis umum
  • Bondowoso – Paltuding           :           68 km dengan transportasi umum
  • Paltuding – untuk lokasi           :           2 km dengan berjalan kaki
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

1 komentar:

 
Toggle Footer